Mengenal Teknologi Augmented Reality (Realitas Tertambah)

Sabtu, Maret 19, 2016 || oleh Faris Arifiansyah

Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan objek virtual dengan lingkungan nyata yang diproyeksikan secara real-time. Augmented Reality (AR) adalah variasi dari Virtual Environment (VE), atau lebih sering disebut Virtual Reality. Teknologi VE membawa pengguna ke dalam lingkungan buatan. Pengguna tidak dapat melihat dunia nyata di sekelilingnya.


Berbeda dengan Virtual Environment, Augmented Reality memungkinkan pengguna untuk melihat dunia nyata dengan objek virtual yang ditumpangkan pada dunia nyata. Oleh karena itu, AR hanya menambah realitas (tidak mengganti dunia nyata sepenuhnya). Pengguna akan melihat objek virtual dan objek nyata berada di ruang yang sama.

Augmented Reality membantu persepsi dan interaksi pengguna dengan dunia nyata. Objek-objek virtual ini menampilkan informasi yang tidak dapat diterima pengguna oleh inderanya. Informasi yang disampaikan oleh objek-objek virtual membantu pengguna dalam melakukan pekerjaan dunia nyata.

Berikut ini contoh penerapan teknologi augmented reality:
Gambar 1

Gambar 2

Gambar 1 dan gambar 2 adalah contoh hasil teknologi Augmented Reality. Gambar 1 memperlihatkan sebuah ruangan dengan meja dan sebuah telepon yang nyata. Di ruangan tersebut juga terlihat lampu virtual dan 2 buah kursi virtual. Sedangkan gambar 2 adalah contoh aplikasi edukasi pada iOS bernama iSkull. Dengan iSkull ini, pengguna dapat mempelajari tengkorak secara interaktif.

Saat ini, sudah cukup banyak tools yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan teknologi AR. Beberapa di antaranya adalah Wikitude SDK, Vuforia SDK, dan DroidAR.

Ya, itulah sedikit pengenalan tentang teknologi AR. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca :)

Referensi:
R. Azuma. 1997. “A Survey of Augmented Reality

You Might Also Like

Facebook Comments

1 komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan diatas. Informasi yang anda berikan sangat bermanfaat & menambah pengetahuan saya. Saya mempunyai bahasan serupa yang bisa anda kunjungi di http://ps-tsi.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

Like us on Facebook

Blog Stats

Subscribe