Sangat disayangkan

Kamis, Juli 07, 2011 || oleh Faris Arifiansyah

Apanya yang sangat disayangkan?
Pasti semua orang bertanya dalam hatinya seperti itu ketika membaca judul posting ini. To the point aja, Hal yang dimaksud pada judul diatas adalah bahwa aku sangat menyayangkan tindakan google yang membanned domain .co.cc. Sebagaimana kita tahu banyak sekali pengguna domain gratis yang satu ini termasuk aku sendiri. Sungguh aku sangat menyayangkan tindakan google ini karena blog-ku yang satu ini sudah menggunakan domain gratis .co.cc cukup lama yakni selama satu tahun setengah. :mewek

Hal ini pertama aku ketahui ketika aku iseng search di google dengan keyword namaku sendiri yaitu Faris Arifiansyah. Biasanya yang keluar paling atas itu blog-ku ini. Tapi setelah aku lihat tidak ada satupun keyword faris arifiansyah dari blog ini. Inilah yang membuatku bingung. Kok bisa ya? Akhirnya aku coba cek domain .co.cc lainnya seperti yang sangat aku ketahui yaitu masdoyok.co.cc. Saat aku tulis di google dengan keyword masdoyok.co.cc ternyata tidak ada hasil yang menunjukkan url dari sana. Akhirnya aku mencoba cara pamungkas untuk membuktikan apakah co.cc sudah tidak ada digoogle. Aku coba dengan keyword 'site:co.cc' dan ternyata hasilnya seperti ini:


Klik gambar kalau kurang jelas.

Sungguh kaget juga aku melihat hasil seperti itu. Kemudian untuk memastikan, aku coba search di google dengan keyword 'domain co.cc hilang dari google' dan ternyata memang benar. Sejumlah blog sudah memposting tentang pem-banned-an domain co.cc dari google. Katanya ini terjadi belum lama. Ada yang bilang baru sejak tanggal 30 Juni lalu google melakukan banned terhadap domain co.cc.

Sebenarnya bagiku ini tidak terlalu masalah, karena aku membuat blog tidak bertujuan untuk mencari traffic. Tapi ini artinya semua artikel yang aku posting tentang tutorial tidak akan muncul di google. Dan bisa dibilang itu semua menjadi sia - sia. Aku sih tidak terlalu rugi dengan kejadian ini. Tapi bagaimana dengan blogger yang punya banyak blog dengan domain ini. Apalagi yang domain .co.cc-nya berbayar. Kasian kan?

Ada alasan mengapa google melakukan banned pada .co.cc. Menurutnya, blog yang menggunakan domain co.cc merupakan spammer, dummy blog, atau blog yang berkualitas rendah. Tapi entahlah, apapun alasannya ya mau gimana lagi? kalo udah kaya gini yaudah deh pasrah aja. Aku juga udah coba mention google di twitter tapi tentu saja itu percuma karena yang mention google kan banyak sekali.

Satu lagi masalahnya. Blog-ku yang satu ini bukan dari blogger.com tetapi menggunakan wordpress.org + hosting gratis. Jadi tidak bisa seperti blogger yang bisa kembali ke alamat sebelumnya. Misalnya: tukul.co.cc kembali ke tukul.blogspot.com. Kalau bisa seperti itu kan tinggal balik ke tukul.blogspot.com, meskipun memang untuk meningkatkan alexa rank-nya harus dari awal lagi. Jadi intinya ya sudahlah terima apa yang terjadi dan berharap google merubah pikirannya (haha).

Mungkin hanya segitu yang ingin diceritakan kali ini.

Selesai..

You Might Also Like

Facebook Comments

2 komentar

  1. lah cuman domain gratisan aja ya gpp n gk masalah, lagian domain gratisan kl buat nyari uang ya susah, trus wat apa kl gk ada hasilnya

    BalasHapus
  2. baca dulu makanya bang, baru komentar. Saya mah gpp n gak masalah. Saya cuma kasian sama yang pake domainnya berbayar. Co.cc kan ga cuma gratisan. Ada yg bayarnya juga..

    BalasHapus

Like us on Facebook

Blog Stats

Subscribe