Ke Cibodas, Lembang

Senin, Juli 11, 2011 || oleh Faris Arifiansyah

Selama 2 minggu libur kemarin benar - benar membosankan. Kerjaanku dirumah paling cuma bantu bantu ortu. Ngepel, nyapu, jemur baju, terus nyalain PC. Online facebook, twitter, ngeblog. Paling Gitu - gitu aja terus tidur siang. Habis tidur siang paling main gitar satu jam terus mandi. Abis maghrib ngaji terus online lagi. Terus wejangan sebelum tidur paling nonton tv. Sumpah, bosen banget dirumah. Paling dari 2 minggu ini cuma sekali keluar pas tanggal berapa gitu futsal. Itu juga ga rame ah. Masa futsal yang dateng cuma 6 orang. Gila aja udah mah cape bayar mahal lagi. Emang gini nih kebiasaan teman sekelasku.

Dan akhirnya kebosananku hilang saat kemarin tanggal 9 - 10 Juli aku mengikuti acara mubes FDI (Musyawarah Besar Forum Dienul Islam). FDI adalah organisasi yang aku ikuti di sekolahku. Acara mubes ini dilaksanakan di Cibodas, Lembang, Jawa Barat. Acara ini diadakan untuk memilih ketua umum baru FDI karena masa jabatan ketua umum yang lama sudah habis. Acara ini memang wajib dihadiri oleh seluruh pengurus FDI. Maka dari itu aku hadir.. Dan kebetulan lagi libur, karena bosen juga di rumah jadi ya ikut aja..

Inilah cerita selengkapnya:


Jadi gini, Sabtu pagi tanggal 9 Juli 2011 sekitar jam 7 aku berangkat ke pilar mas (kita ngumpulnya disini). Perjalanan ke pilar mas tidak begitu lama karena rumahku tidak jauh. Sesampainya disana, baru ada beberapa orang saja yang sudah datang (berarti aku termasuk pagi juga nih. hehe). Setelah menunggu sekitar 2 jam, akhirnya terkumpul juga para peserta mubes ini. Kamipun berangkat. Kami berangkat menggunakan Truk. Inilah pertama kalinya aku naik truk.

Selama perjalanan, kami semua tidak bisa tenang. Karena memang naik truk ini kami harus berpegangan ke sisi truk dikarenakan jalan yang kami lalui itu naik turun dan tidak sedikit jalan yang rusak. Belum lagi ketika truk tiba - tiba mengerem, kami semua terdorong ke depan. Ekstrim banget deh pokoknya naik truk. mantap

Setelah sekitar satu jam (kalo ga salah.. soalnya aku ga ngitung waktu. jadi cuma kira - kira aja), akhirnya kami sampai di tempat tujuan. Kami berdiam dulu di mesjid untuk solat dzuhur. Setelah solat, kami langsung menuju tkp alias tempat tujuan kami. Kami menuruni tangga yang sangat panjang yang terbuat dari kayu. Pegel juga nih. Mungkin lebih dari seribu anak tangga (lebay).

Setibanya di tempat, kami dikasih waktu makan dulu. Setelah selesai makan, akhirnya acara inti pun dimulai. Yaitu memilih ketua umum yang baru. Ada 4 calon ketua umum, yaitu Rizal, M. Rija, Ikhsan, dan Taufik. Mereka berempat pun menyampaikan orasinya yang berisi visi & misi mereka. Setelah semua selesai berorasi, kami diberi waktu untuk bermusyawarah dengan seluruh pengurus lainnya untuk memilih ketua umum baru. Setelah cukup lama bermusyawarah akhirnya MPP (Majelis Permusyawaratan Pengurus) memutuskan memilih M. Rija sebagai ketua baru masa periode 1432 - 1433 Hijriah.

Setelah pemilihan berakhir, kami solat ashar. Setelah itu ada beberapa kegiatan hingga sekitar pukul setengah sebelas malam kami dipersilahkan untuk tidur. Sekitar jam setengah 3 pagi, kami dibangunkan untuk melakukan qiyamul lail. Qiyamul lail berlangsung hingga subuh. Haduh ngantuk banget lah. Mana dingin banget lagi. Tau kan lembang dinginnya kaya apa? Selama solat tuh rasanya ingin cepet cepet sujud. Soalnya kaki udah pegel banget + mata kayanya pengen merem terus. Pas sujud itu seperti ada kenikmatan yang luar biasa.

Setelah solat subuh, kami dipersilahkan untuk tilawah membaca al-qur'an ataupun membaca al ma'tsurat. Setelah itu ada acara 'inspirasi pagi' yang disampaikan oleh kang riki. Materinya adalah tentang bagaimana kelangsungan sebuah organisasi dengan diilustrasikan oleh kancil dan penyu/kura - kura. Oiya, Kang Riki juga sempat menyampaikan kata - kata berikut ini:
"Jangan terlalu mencintai sesuatu/seseorang, karena bisa menjadi benci. Dan jangan membenci sesuatu/seseorang, karena rasa benci itu lama - kelamaan bisa berubah menjadi cinta."
Luar biasa sekali..

Setelah selesai acara inspirasi pagi kami sedikit berolahraga untuk pemanasan sebelum memulai permainan - permainan yang ada di cibodas ini. Di tempat ini ada banyak permainan. Di antaranya permainan halang rintang, flying fox, climbing, rapling, ada kolam juga. Pokoknya banyak deh. Tetapi aku tidak naik flying fox. Bukan karena takut ya.. Tapi karena males dan lama mengantri. Ingat sekali lagi bukan karena takut ya.. hehe

Setelah bersenang - senang, kami diberi waktu untuk beres - beres sebelum pulang. Akhirnya kamipun mengakhiri kegiatan disana setelah makan siang. Kami pun kembali ke tempat awal yaitu di mesjid yang terletak di depan Nurul Fikri Boarding School. Kami solat dzuhur dulu. Tidak lupa aku check-in foursquare dulu disana. haha :D

Sehabis solat dzuhur kami menunggu truk yang menjemput sambil ngobrol. Cukup lama juga nunggu truk datang. Mungkin sekitar satu jam setelah solat truk baru datang. Karena truk sudah datang, kami langsung bergegas masuk ke dalam truk. Tapi kali ini truknya berbeda dengan truk yang mengangkat kami sewaktu berangkat. Namun tetap saja selama perjalanan pulang kami tidak bisa santai di dalam truk. Malah kami beberapa kali terjatuh didalam truk dikarenakan truk mengerem dan jalan yang rusak. Tetapi perjalanan pulang lebih cepat daripada berangkat. Mungkin karena pada saat berangkat perjalanan kami menanjak dan pulang kami menurun jadi lebih cepat.

Kami sampai disekolah sekitar jam setengah 4. Sebelum pulang kerumah, aku dkk solat ashar dulu di mesjid stm tercinta. Mesjid Ulul Albab. Sehabis solat aku sedikit berbincang dengan kakak kelas sebelum akhirnya pulang sekitar jam 4 lebih 15 menit. Karena aku tidak membawa motor seperti biasanya, akhirnya aku terpaksa pulang naik angkot. Setelah turun dari angkot aku masih harus jalan lagi cukup jauh hingga akhirnya tiba dirumah jam 5 sore.


Begitulah cerita selengkapnya tentang kegiatanku di cibodas. Aku sangat senang sekali berada disana karena disana situasinya benar benar alam banget lah. Pemandangannya begitu indah disertai suara jangkrik dan burung yang berkicau, juga terdengar suara air mengalir yang bisa membuat hatiku tenang (lebay). Oh iya, aku juga mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik keempat pada kegiatan ini dan mendapat hadiah berupa juz 'amma + stiker. Aku juga tidak tau ini dipilih berdasarkan apa. Mungkin asal kali ya? haha..



Sekian dulu deh ceritanya takutnya malah kepanjangan. Nanti kalo udah dapet foto-fotonya aku pasang deh disini

Selesai..

You Might Also Like

Facebook Comments

0 komentar

Like us on Facebook

Blog Stats

Subscribe