Berada di depan pintu gerbang masa depan

Sabtu, Juli 09, 2011 || oleh Faris Arifiansyah

Saat ini statusku masih bersekolah di SMKN 1 Cimahi dan baru saja naik ke kelas 3. Dan alhamdulillah aku naik ke kelas 3 ditemani seluruh teman sekelasku. Di kelas 3 ini, aku harus benar - benar fokus dalam belajar. Karena istilahnya dikelas 3 ini kita berada di depan pintu gerbang masa depan kita. Masa depan yang aku maksud disini adalah kemana aku setelah lulus dari sini? Apa yang aku lakukan setelah lulus dari sini?

Pertanyaan pertanyaan seperti itulah yang membuatku selalu bingung untuk menjawabnya. Ada 2 jawaban yang bisa aku jawab yaitu antara kuliah atau kerja. Nah jika aku ditanya mau kuliah dulu atau kerja? Aku juga bingung mau jawab apa. Aku ingin kuliah. Tapi aku ingin kuliah itu dengan biayaku sendiri (tidak merepotkan orang tua). Berarti harus kerja dulu dong? Aku juga tidak tau gimana, yang jelas aku selalu gelisah jika memikirkan masa depanku nanti. Mau jadi apa?



Aku mempunyai tujuan hidup yaitu mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan hidup itu aku harus sukses dan harus berhasil di masa depanku itu. Pernah aku membaca sebuah buku, lupa judulnya apa. Dalam buku tersebut ada sebuah bab tentang cara menjadi orang yang berhasil. Nah tahap pertama, ada beberapa pertanyaan salah satunya yang kuingat adalah "Apa cita-cita-ku?" Lagi - lagi aku bingung untuk menjawabnya. Dulu saat masih kecil ketika ditanya cita-cita dengan mudah aku menjawab ingin menjadi pemain bola seperti Ricardo Kaka. Tapi itu dulu. Sekarang tidak ada keinginan sedikitpun untuk menjadi pemain bola.

Tahap keduanya setelah menjawab beberapa pertanyaan yaitu "Buatlah Rencana Untuk Hidupmu". Aku sudah lupa isi dari tahap kedua tersebut. Tapi yang jelas untuk menuju tahap kedua, kita harus bisa menjawab pertanyaan di tahap pertama dengan lancar.

Kembali ke sekolahku. Aku bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cimahi di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Apa alasanku masuk SMK ini? Entahlah. Tapi aku tertarik dengan nama Teknik Komputer dan Jaringan. Karena aku hobi komputer ya jadi aku coba daftar sini. Jika aku tidak diterima di jurusan itu, rencananya aku akan mendaftar ke SMA. Tapi karena diterima akhirnya aku memutuskan untuk bersekolah disini.

Aku masih ingat pada waktu awal masuk sini saat itu ada sesi taaruf. Nah disini aku harus menjabarkan alasan masuk SMKN ini dan Jurusanku ini. Aku ingat tidak sedikit yang menjawab masuk STM (nama lain SMKN 1 Cimahi) karena ingin cepet kerja. Menurutku alasan itu memang benar. Karena SMK adalah Sekolah yang mengajarkan keterampilan dan keahlian yang lebih dibanding SMA. Maka dari itu alasan karena ingin cepat kerja adalah alasan yang benar. Tapi jawaban mereka berbeda denganku, aku masuk sini sebenarnya bukan ingin cepat kerja, tapi tujuanku yaitu aku ingin mendapat ilmu lebih di bidang komputer.

Maka dari itu aku bingung sekali soal masa depanku ini. Yang bisa kulakukan kini hanyalah berdoa dan berusaha sebaik-baiknya untuk mencapai keberhasilan di hari esok. Aku tidak tau apakah teman-temanku berpikiran sama denganku soal masa depannya. Yang jelas aku sangat berharap bisa mencapai kesuksesan di masa depan nanti mungkin beberapa tahun lagi karena di sekolahku ini sistemnya 4 tahun. Semoga harapanku terkabul. Amiin..

Selesai..

You Might Also Like

Facebook Comments

0 komentar

Like us on Facebook

Blog Stats

Subscribe