Nvidia optimus bisa di linux

Rabu, Juni 29, 2011 || oleh Faris Arifiansyah

Bumblebee adalah suatu apa ya? aku juga sebenernya kurang tau apa bumblebee ini. Ada yang menyebut bumblebee adalah sebuah software untuk menjalankan driver nvidia di linux. Ada juga yang bilang bumblebee adalah driver nvidia-nya itu sendiri.

Kebetulan laptopku menggunakan vga nvidia optimus. Udah nyari kesana kesini ga dapet2 cara ngeaktifin nvidianya. Yang kepake malah intel-nya. Malah ada wacana yang menyatakan kalo tidak ada support untuk nvidia optimus di linux. Agak kecewa juga sih baca artikel itu, soalnya aku kan pengguna linux (ubuntu).



Eh tapi secara kebetulan malah ketemu sama bumblebee ini. Entah gimana caranya waktu itu aku lagi browsing terus masuk ke sebuah forum kalo ga salah. Nah disitu ada yang ngasih tau bumblebee. Aku langsung menuju situs bumblebee. Karena situs-nya https, jadi aku minta ke teman untuk mendownloadnya. Ga tau nih kenapa kalo buka https lambat banget malah sering ga ke buka web-nya.

Besoknya aku minta ke teman dan mencoba. Hasilnya memang cukup memuaskan nvidia berhasil berjalan meski menurut aku sih masih kurang sempurna. Cara menjalankannya mudah tinggal buka terminal > ketik $ optirun [namaaplikasi] > lalu enter. maka vga yang digunakan adalah nvidia. Oiya, pada saat menginstal bumblebee, harus terkoneksi internet karena akan mendownload paket nvidia-current. Driver inilah yang digunakan bumblebee untuk menjalankan nvidianya.

Bagi yang mau mencoba bisa di download disini:
https://github.com/MrMEEE/bumblebee
Cara penginstalannya juga udah ada disana kok, tinggal dibaca aja README-nya.

Atau info lebih lengkap silahkan tanya ke pembuatnya:
martinjuhl

Semoga bermanfaat

Selesai..

You Might Also Like

Facebook Comments

0 komentar

Like us on Facebook

Blog Stats

Subscribe